atap pvc gelombang lasercool vs alderon

Atap PVC Gelombang: LaserCool vs Alderon, Apa Bedanya?

Posted by on October 14, 2020 in Blog, Perbandingan

Atap merupakan elemen yang sangat penting bagi setiap bangunan. Selain mempercantik penampilan bangunan, atap berperan penting dalam memberikan perlindungan utama. Pelajari karakteristik masing-masing material sebelum menggunakannya sebagai atap. Kini beragam material atap plastik tersedia di pasaran untuk menunjang performa bangunan dan aktivitas di dalamnya. Beberapa yang cukup populer adalah atap PVC gelombang dari LaserCool dan atap uPVC Alderon. Lalu, apa perbedaan keduanya untuk bangunan Anda? Yuk simak disini!

Perbedaan LaserCool vs Alderon

warna atap pvc lasercool atap bening transparan
Pilihan Warna Atap PVC LaserCool
  • Warna

Tahukah Anda bahwa warna atap juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap bangunan dan seluruh aktivitas di dalamnya? Semakin tinggi tingkat kejernihan atap, maka akan semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam. Tentu saja ada banyak manfaat cahaya alami yang dapat Anda peroleh. Bagi Anda yang tidak menginginkan cahaya terlalu banyak, pilihlah jenis atap semi transparan dengan trik warna yang tepat.

Atap PVC gelombang LaserCool menawarkan berbagai pilihan warna dengan varian transparan. Sebaliknya, Alderon tersedia dalam variasi warna solid, transparan, dan semi transparan (translucent). Variasi warna solid pada Alderon tidak memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Pada varian semi transparan, jumlah cahaya tetap dapat ditransmisikan dengan persentase yang lebih kecil dibandingkan atap transparan. 

beda atap pvc dan upvc berongga
Beda Atap PVC dan uPVC Berongga
  • Bentuk

LaserCool dan Alderon merupakan dua produk yang cukup populer dari varian corrugated wall atau atap gelombang. Keduanya tersedia dalam beberapa profil gelombang, seperti Roma, Greca. Perbedaannya, Alderon memiliki varian atap gelombang berongga dan tidak berongga sementara LaserCool memiliki varian gelombang tidak berongga. Alderon juga dilengkapi dengan 1 profil gelombang tambahan yaitu Trimdeck dengan jarak antar puncak yang lebih lebar. Sementara, atap LaserCool selain tersedia dalam profil gelombang, juga tersedia varian profil flat atau datar. Profil flat atau datar akan memberikan kesan tampilan yang lebih modern pada bangunan.

lasercool atap plastik gelombang bening green house
Aplikasi Atap PVC sebagai Green House
  • Aplikasi

Baik Lasercool maupun Alderon dapat diaplikasikan untuk kebutuhan roofing dan partisi/wall cladding. Untuk kebutuhan roofing, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Alderon dikenal sebagai atap uPVC yang sejuk, sementara atap PVC transparan Lasercool sangat baik dalam memberikan pencahayaan alami tanpa rasa panas yang berlebihan. Umumnya, Alderon dan Lasercool diaplikasikan sebagai atap kanopi pada carport, teras rumah, dan area terbuka lain pada bangunan. Ikuti 4 tips memasang kanopi yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

perbandingan atap pvc dan upvc lasercool vs alderon
Perbandingan Aplikasi Atap PVC dan uPVC

Tidak hanya roofing, kedua material ini dapat mengisi kebutuhan Anda pada area lain dari bangunan. Sebagai atap uPVC dengan kualitas terbaik, penggunaan Alderon sebagai wall cladding kian digemari. Sementara itu, untuk kebutuhan interior Anda dapat aplikasikan Lasercool sebagai partisi ruangan. Tingkat kejernihan menyerupai kaca akan memberi kesan efektivitas penggunaan ruang tanpa membuatnya tampak sempit.

  • Garansi

Kualitas dan daya tahan dari Alderon dan Lasercool sudah tidak diragukan lagi. Meskipun demikian, keduanya memberikan jaminan garansi yang berbeda. Berikut ini tabel garansi untuk masing-masing produk:

Produk Garansi
Alderon Twinwall 15 Tahun
Alderon Lite 15 Tahun
Alderon RS 5 tahun
Lasercool Tidak bergaransi

Perlu diingat bahwa penerimaan  garansi tergantung pada proses instalasi yang dilakukan sebelumnya. Anda perlu memperhatikan ketentuan dan panduan dari masing-masing produk. 

cara psang baut pada atap lasercool
Cara Pasang Baut pada Atap PVC Gelombang
  • Instalasi

Terdiri dari unsur plastik, memberikan fleksibilitas cukup tinggi pada Alderon dan LaserCool. Hal ini tentu memberikan pengaruh yang sangat besar pada proses instalasi. Berkat sifatnya yang lentur, keduanya lebih mudah dibentuk dan dilengkungkan sesuai dengan kebutuhan atap bangunan Anda. Beberapa produk Alderon bahkan dilengkapi oleh aksesoris resmi yang menunjang proses instalasi. 

Panduan instalasi Alderon dan instalasi Lasercool akan membantu Anda untuk proses instalasi DIY (Do It Yourself). Dengan begitu, Anda akan terhindar dari biaya instalasi dengan jasa profesional serta biaya perawatan yang tinggi.

 

Kelebihan LaserCool

  • Kuat dan Tahan Lama

Atap PVC LaserCool telah dilengkapi dengan lapisan pelindung UV, sehingga performanya akan tetap terjaga sekalipun terpapar oleh sinar UV dan cuaca yang tidak menentu. Dengan menggunakan LaserCool tidak perlu lagi khawatir akan terjadinya penurunan kualitas warna atau menguning, sebab materialnya telah didesain untuk tahan terhadap bahan kimia bersifat korosif yang dapat menurunkan kualitas material.

  • Perawatan Mudah

Ketahanan terhadap cuaca dan bahan kimia, secara signifikan akan meningkatkan daya tahan atap LaserCool. Namun, perawatan secara berkala tetap perlu dilakukan untuk menjaga kualitasnya. Sama halnya dengan produk polycarbonate, Anda hanya membutuhan bahan yang sederhana seperti sabun, air, dan kain untuk langkah-langkah membersihkan lembaran Lasercool.

  • Jernih seperti Kaca

Memiliki bangunan dengan tampilan menarik bukanlah segalanya. Bangunan yang baik juga harus mampu menunjang aktivitas di dalamnya. Dengan atap PVC bening dari Lasercool, Anda dapat menghemat penggunaan energi listrik. Cahaya alami yang ditransmisikan ke dalam ruangan akan menggantikan penggunaan cahaya buatan.

  • Lentur dan Fleksibel

Lasercool adalah salah satu material dengan unsur plastik yang melalui proses plasticized yang memberikan sifat lentur dan fleksibel pada material. Tentu saja hal ini menjadi keunggulan dari Lasercool dibandingkan atap sejenisnya di pasaran. Anda dapat merancang konsep atap tanpa mengkhawatirkan modelnya. Strukturnya mudah dibentuk dan dilengkungkan, bahkan untuk atap PVC flat sekalipun, sehingga akan memenuhi segala kebutuhan atap Anda.

Jenis Atap PVC LaserCool

Berikut perbandingan profil Atap PVC LaserCool:

Profil Ketebalan Lebar Panjang  Tinggi Pitch Lebar Efektif Warna
Flat 0.9 mm 950 mm 20 m Blue Sky
Roma 0.9 mm 860 mm 1.8 dan 

2.1 m

17 mm 76 mm 784 mm Blue Sky, Clear Translucent, Clear Transparent
Greca 0.9 mm 760 mm 2.4 dan 

3.0 m

14 mm 70 mm 690 mm Blue Sky, Clear Translucent, Clear Transparent, Bronze

Atap PVC Transparan pada Teras

Menggunakan atap PVC bening dari Lasercool sebagai model kanopi minimalis untuk area teras akan memberikan kesan yang lebih terbuka, namun tetap memberikan privasi bagi Anda. Adanya penutup atap PVC pada teras akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi Anda yang gemar menikmati waktu santai di teras rumah. 

Inspirasi Aplikasi Atap Transparan - Ruang Santai - Sumber: Ventura Homes
Atap Kanopi PVC Transparan pada Teras

Atap PVC Bening pada Greenhouse

Mengaplikasikan Lasercool untuk kebutuhan Green House atau rumah kaca akan memberikan banyak manfaat bagi perkebunan Anda. Cahaya yang ditransmisikan akan tersebar secara merata dan maksimal untuk memenuhi kebutuhan alami tanaman. Meskipun demikian, dampak negatif dari radiasi sinar UV tidak akan terjadi karena adanya lapisan pelindung UV pada permukaan Lasercool. 

Lasercool Application Greenhouse
PVC Lasercool Application Greenhouse

Atap PVC LaserCool Dikombinasikan dengan Atap uPVC Alderon

Ingin menggunakan atap yang sejuk, tetapi juga membutuhkan pencahayaan alami? Tidak perlu khawatir! Kombinasi atap uPVC Alderon dengan atap bening kini cukup populer untuk memberikan 2 manfaat sekaligus. Anda dapat aplikasikan atap uPVC Alderon sebagai atap utama, sementara atap PVC bening Lasercool sebagai atap skylight. Dengan begitu, bangunan akan terasa sejuk dan tetap memperoleh pencahayaan alami. 

Pastikan Anda telah menyesuaikan ukuran atap PVC dan uPVC, serta menyesuaikan bentuk gelombangnya. Misalnya memadukan atap PVC gelombang varian Roma dengan atap uPVC gelombang varian Roma. 

atap pvc lasercool dan atap upvc alderon dikombinasikan sebagai skylight
Atap PVC LaserCool dan Atap uPVC Alderon Dikombinasikan sebagai Atap Skylight

Demikian penjelasan mengenai perbedaan atap PVC gelombang Lasercool dan Alderon. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Tentunya harga atap PVC gelombang yang ditawarkan di pasaran sangat beragam. Pastikan Anda memperoleh atap PCV Lasercool melalui distributor resmi yang tersebar di kota-kota besar. Anda juga dapat mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengetahui informasi produk selengkapnya.