ide kreatif instalasi hidroponik sederhana dengan pipa pvc alderon

Ide Kreatif Instalasi Hidroponik menggunakan Produk Impack Pratama

Posted by on April 21, 2021 in Blog, Inspirasi

Hidroponik adalah sistem pertanian atau pembudidayaan tanaman secara modern yang cara penanamannya cukup dengan menggunakan media air saja. Bercocok tanam dengan metode hidroponik lebih efisien bagi manusia yang tinggal di perkotaan yang minim akan lahan untuk bercocok tanam, karena menanam secara hidroponik tidak memerlukan media tanah. Selain itu, menanam tanam hidroponik juga memiliki banyak manfaat lho. Apa saja manfaat dari menanam hidroponik? Mari kita simak bersama.

 

Manfaat Menanam Hidroponik

Tanaman hidroponik mempunyai berbagai manfaat dalam kehidupan manusia, yaitu:

  1.     Menghasilkan pasokan sayuran yang berkualitas

Tanaman yang dihasilkan secara hidroponik sangat sehat untuk dikonsumsi, karena dengan menggunakan teknik ini maka penggunaan pestisida pun sangat minim ketika bercocok tanam, sehingga membuat hasil tanaman menjadi lebih renyah dan bergizi. Dengan menanam secara hidroponik, hasil panen akan berlimpah dan berlipat ganda karena tidak ada hasil panen yang dibuang karena tanaman yang dihasilkan lebih steril dan bersih, jadi mengurangi resiko menghasilkan tanaman yang berkualitas buruk.

  1.     Tahan terhadap berbagai perubahan cuaca

Meskipun hujan ataupun panas, tanaman hidroponik akan tetap tumbuh dengan baik. Resiko terjadinya kerusakan lebih sedikit karena teknik hidroponik ini tidak akan membuat tanaman bergantung pada cuaca.

  1.     Menghemat Lahan

Bercocok tanam dengan metode hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Apabila Anda tidak mempunyai lahan / halaman rumah, menanam pun tetap bisa dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan diatas, tanaman hidroponik hanya memerlukan kultur air untuk menanamnya.

 

Media Tanam Hidroponik

Seperti yang sudah diketahui, tanaman hidroponik tidak memerlukan media tanah untuk menanamnya. Nah, Anda penasaran bukan, jika bukan tanah apa saja yang bisa menjadi media hidroponik? Berikut ini beberapa media yang dapat Anda gunakan untuk menanam hidroponik:

  1.     Kerikil

Jika Anda pemula, Anda bisa menjadikan kerikil sebagai media untuk menanam tanaman hidroponik Anda. Jenis kerikil yang digunakan bisa apa saja. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan.

  1.     Sabut kelapa

Nah, media yang satu ini menjadi media paling favorit yang sering digunakan untuk menanam hidroponik. Sabut atau sekam kelapa dapat melindungi tanaman dari sinar matahari dan berdaya serap tinggi, sehingga dapat menyimpan air dengan jumlah banyak. Selain itu, sabut kelapa mengandung beberapa zat bernutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor dan natrium

  1.     Rockwool

Rockwool mempunyai kemampuan untuk mengikat akar dan juga menyerap nutrisi yang diberikan oleh air. Rockwool merupakan serat-serat yang berbentuk busa. Media ini terbuat dari lelehan batu dari gunung berapi. Rockwool ramah lingkungan dan cocok untuk menanam sayur dengan periode waktu yang tidak terlalu lama.

  1.     Hydroton

Hydroton atau yang biasa disebut dengan pelet tanah liat ini juga bisa dijadikan media tanam hidroponik. Kelebihan dari hydroton adalah mempunyai PH netral dan dapat melepaskan nutrisi ke aliran air. Hydroton terbuat dari tanah liat berbentuk bola bundar dari bahan berpori.

 

Baca juga:  11 Kelebihan Atap Gudang Alsynite yang Natural Terangnya

Cara Membuat Hidroponik Sederhana

Untuk pemula, Anda bisa memulainya dengan membuat hidroponik sederhana. Untuk wadah, Anda bisa menggunakan botol atau gelas plastik air mineral bekas, jerigen plastik bekas, dll. Selain itu, siapkan kain untuk sumbu, nutrisi hidroponik, dan juga media tanam. Bahan-bahan yang diperlukan sederhana bukan? Kebanyakan barang yang digunakan adalah barang-barang bekas untuk menanam tanaman hidroponik. Selain menghasilkan tanaman yang sehat dan berkualitas, dengan menanam hidroponik sederhana kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas, sehingga tidak perlu dibuang dan menjadi limbah yang dapat merusak lingkungan.

Untuk jenis tanaman yang akan ditanam, sebaiknya Anda menanam jenis-jenis tanaman yang mudah ditanam dan lumayan cepat tumbuhnya yaitu sayuran, seperti sawi, cabai, tomat, bayam, kacang, selada, kemangi, daun bawang dan lain sebagainya.

 

Produk Pendukung Hidroponik dari Impack Pratama

Impack Pratama memiliki beberapa produk pilihan berkualitas yang dapat mendukung tanaman hidroponik Anda. Yuk kita simak bersama.

  1.     SolarTuff

Selain digunakan untuk atap transparan dan kanopi, produk yang terbuat dari bahan polycarbonate ini juga dapat Anda jadikan sebagai atap tanaman hidroponik Anda. SolarTuff mempunyai tingkat kejernihan yang sangat tinggi serta tahan terhadap berbagai perubahan cuaca, sehingga cocok untuk dijadikan atap tanaman hidroponik. Daya tahan dari produk ini juga luar biasa sehingga tidak mudah rusak. Berikut ini contoh ide kreatif penggunaan SolarTuff pada tanaman hidroponik:

solartuff solid solarflat atap green house rumah kaca
Atap SolarTuff Solid pada Green House

 

  1. Pipa PVC Alderon

Alderon adalah bahan material yang mengandung unsur plastik. Unsur plastik yang terkandung pada Alderon tidak melalui proses plasticized, sehingga lebih keras dan kokoh.  Alderon kini memiliki 2 varian produk yaitu atap dan pipa. Bercocok tanam dengan teknik hidroponik kini digemari oleh banyak kalangan. Media yang biasa digunakan untuk hidroponik yaitu Pipa PVC. Anda bisa menggunakan Pipa PVC Alderon tipe AW yang bebas timbal sehingga dapat menghasilkan sayuran yang sehat, steril dan bersih.

Baca juga:  Mengenal Polikarbonat, Material Bahan Bangunan yang Kekinian
ide kreatif instalasi hidroponik sederhana dengan pipa pvc alderon
Instalasi Hidroponik Sederhana dengan Pipa PVC Alderon
  1. Impraboard

Impraboard terbuat dari bahan polypropylene yang berkualitas berupa lembaran plastik bergelombang atau biasa disebut corrugated plastic sheet. Produk ini mempunyai daya tahan yang kuat dan tahan terhadap air. Selain itu Impraboard memiliki rongga yang ringan sehingga sangat mudah untuk digunakan menjadi barang keperluan sehari-hari. Salah satu kegunaanya tentu saja dapat digunakan sebagai tutup baki hidroponik sederhana. Impraboard sangat cocok diaplikasikan dalam menanam hidroponik sederhana, karena teksturnya yang kuat untuk menyangga tanaman dan dapat dipakai berkali-kali. Cara penggunaannya pun mudah, tinggal melubangi papan dengan menggunakan cutter untuk menyangga tanaman.

tutup baki hidroponik impraboard
Tutup Baki Hidroponik Impraboard

 

Bagaimana? Menarik bukan produk-produk yang ditawarkan oleh Impack Pratama? Anda dapat memanfaatkan produk-produk di atas untuk menanam tanaman hidroponik Anda. Tunggu apalagi, segeralah menanam tanaman secara hidroponik dengan menggunakan produk-produk berkualitas dari Impack Pratama. Untuk Anda yang tidak mau ribet menanam, Anda dapat membeli tanaman hidroponik yang sudah jadi di toko hidroponik terdekat. Tetapi biasanya belum termasuk atap, tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat membeli atap Solartuff di Impack Online Store.

Apabila Anda tertarik dengan produk Impack Pratama lainnya, silahkan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan.

Share this article: