cladding acp alcotuff pada fasad bangunan gedung

Cladding ACP Alcotuff, Salah Satu Jenis Cladding Paling Populer

Posted by on February 15, 2021 in Blog, Inspirasi

Eksterior dari tampilan luar sebuah bangunan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pemilihan lapisan dinding yang tepat akan membuat tampilan bangunan menjadi lebih indah untuk dipandang. Cladding adalah salah satu teknik yang tepat untuk mengaplikasikan material-material pelapis dinding sebuah bangunan. Cladding merupakan struktur eksterior bangunan yang digunakan sebagai finishing pada dinding luar bangunan. Fungsi lain dari cladding adalah dapat meningkatkan nilai estetika dari tampilan bangunan atau rumah Anda dan juga berfungsi sebagai pelindung eksterior rumah agar tak mudah rusak akibat polusi udara atau cahaya matahari.

Kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan cladding adalah Anda dapat menghemat biaya perawatan rumah Anda. Dengan memasang cladding, cat bagian luar rumah Anda akan terlindungi sehingga tidak mudah pudar dan dapat menjaga tampilan rumah Anda tetap menarik dalam waktu yang lama. Bahan-bahan material yang dapat digunakan untuk cladding juga beragam. Material tersebut memiliki tipe dan kualitas yang berbeda-beda, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan desain yang Anda inginkan. Di bawah ini merupakan tipe-tipe cladding yang paling umum digunakan. Yuk kita simak bersama:

  1. Cladding Batu Veneer

Batu veneer adalah salah satu material yang dapat Anda gunakan sebagai wall cladding pada bangunan Anda. Jenis batuan atau clay dari batu veneer ini disusun pada struktur penyangga bangunan. Jenis cladding yang satu ini dapat tahan untuk waktu yang lama tetapi merupakan jenis cladding yang tergolong mahal.

 

  1. Vinyl Cladding

Material yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) ini tergolong murah sehingga banyak yang menggunakan material yang satu ini sebagai cladding. Salah satu negara yang banyak menggunakan vinyl cladding ini adalah Amerika Selatan. Tetapi, banyak yang menyebut bahwa material yang satu ini menghasilkan racun yang sangat berbahaya untuk manusia karena dapat mengganggu pernapasan apabila terurai dan menyebar di udara.

 

  1. Wood Cladding / Cladding Kayu

Kayu merupakan bahan material alami yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai konstruksi sebuah bangunan , salah satunya sebagai cladding. Material kayu yang biasanya digunakan adalah oak, cedar, dan pinus. Material yang satu ini tahan terhadap cuaca, tetapi mudah lapuk dan dimakan rayap sehingga membutuhkan perawatan lebih dan pengecekan secara berkala.

 

  1. EIFS

EIFS merupakan singkatan dari Exterior Insulation and Finish Systems. Jenis ini yang paling populer pada saat ini, terutama untuk bangunan kantor, sekolah atau gedung komersial. EIFS terbuat dari plastik yang kemudian dilapisi material yang terlihat seperti stucco, tetapi sistem drainase dari material yang satu ini belum begitu baik.

 

  1. Metal Cladding/Aluminium

Aluminium Composite Panel merupakan bahan material dari metal cladding. Apa itu ACP? ACP sering digunakan dan dimanfaatkan dalam interior dan eksterior sebuah bangunan, salah satunya tentu saja dapat digunakan sebagai bahan material cladding rumah Anda. Jika Anda ingin memakai ACP sebagai kebutuhan eksterior rumah Anda, pastikan Anda memilih produk yang terbuat dari material yang tahan api, sehingga jika terjadi kebakaran fasad bangunan tetap aman dan tidak mudah keropos yang dapat membahayakan orang sekitar.

 

ACP Alcotuff

Salah satu produk ACP berkualitas yang dapat Anda pilih sebagai aluminium cladding rumah Anda adalah ACP Alcotuff. Mengapa harus menggunakan cladding ACP Alcotuff?

ACP Alcotuff Fire Retardant merupakan material cladding tahan api bersertifikat internasional. Produk ini berinti lapis yang mengandung unsur tahan api antara 2 lembar aluminium. Sisi depan aluminium Alcotuff dilapisi X-TRA Durable PVDF (Polyvinyldenefluoride) dan FEVE (Fluoroethylene Vinyl Ether), sedangkan sisi belakangnya dilapisi dengan Polyester. Alcotuff mempunyai sifat yang tahan terhadap berbagai cuaca. Alcotuff juga mempunyai ukuran yang tebal dengan kombinasi lapisan PVDF. Ketebalan ukuran ACP Alcotuff adalah 0,5 mm. Produk ini juga dapat membuat tampilan arsitektur bangunan Anda menjadi elegan dan modern. Selain itu, Alcotuff juga sangat kokoh, mudah dikerjakan dan memiliki desain yang fleksibel.

acp alcotuff sebagai wall cladding bangunan apartemen
Contoh pengaplikasian ACP Alcotuff sebagai Wall Cladding

                      

Selain sebagai wall cladding, ACP juga dapat diaplikasikan sebagai plafon, penutup dinding pada interior ruangan, partisi ruangan, kitchen set dan masih banyak lagi. Anda dapat melihat detailnya disini: https://www.impack-pratama.com/aplikasi-acp/ 

Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai produk Alcotuff dengan mengklik link berikut ini: https://www.impack-pratama.com/tips-memilih-acp/. Anda juga dapat melihat inspirasi-inspirasi lain pengaplikasian ACP Alcotuff sebagai wall cladding dengan mengunjungi link berikut ini: https://www.impack-pratama.com/fasad-bangunan-acp/

Bagaimana? Apa sudah cukup jelas penjelasan mengenai cladding di atas? Apabila Anda masih menginginkan penjelasan yang lebih detail pastikan Anda membuka link-link yang sudah disebutkan di atas ya! Dan apabila Anda tertarik pada produk Alcotuff dan ingin mengaplikasikannya untuk wall cladding rumah Anda, silakan mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan.

Share this article: