mengenal polycarbonate dan kelebihannya

Mengenal Atap Polycarbonate, Atap Transparan dengan Berbagai Kelebihan

Posted by on August 27, 2019 in Blog

Material Atap Polycarbonate merupakan materi polimer yang sangat spesial dan unik. Menggunakan bahan berbeda dengan polimer dari thermoplastic resin lainnya, polycarbonate memiliki karakteristik yang sangat kuat, transparan, jernih, tahan terhadap suhu, serta baik digunakan untuk peralatan listrik dan indeks pembiasan yang tinggi.

Polycarbonate dipilih sebagai material atap pengganti kaca yang sangat baik dan tahan di berbagai kondisi cuaca. Seringkali diaplikasikan sebagai pencahayaan alami pada atap skylight.

Bagi Anda yang sedang mencari material atap transparan, simak berikut kelebihan polycarbonate dibanding material atap lainnya.

 

Kuat dan Tahan Guncangan

Polycarbonate sangat kuat. Contohnya Polycarbonate dengan ketebalan 3 mm sanggup menahan bola seberat 4 kg yang jatuh dari ketinggian 9.5 meter, 3 kali berturut-turut, dan tidak rusak atau hancur. Hal tersebut membuat polycarbonate cocok digunakan untuk tameng anti huru-hara polisi, partisi pembatas ice-hokey, jendela pesawat terbang dan semua aplikasi yang membutuhkan daya tahan tinggi terhadap benturan.

Mudah Dibentuk

Tidak seperti kaca, polycarbonate memiliki struktur yang fleksibel sehingga mudah dicetak dan mudah dibentuk atau dilengkungkan sesuai kebutuhan. Bahkan beberapa polycarbonate juga dapat memiliki motif serta tekstur.

Bening Seperti Kaca

Jika kita membandingkan dengan lembaran solid, polycarbonate memiliki kesamaan kejernihan dan transparan seperti kaca, tapi 200 kali lebih kuat terhadap benturan dan memiliki berat hanya setengah kali dari berat kaca per m2 dengan ketebalan yang sama, 

Lebih Ringan dari Kaca

Dengan berat rata-rata hanya 1 kilogram per lembar, polycarbonate sangat ringan dan mudah dibawa, sehingga memudahkan dalam pemasangan. Penggunaan polycarbonate akan menghemat biaya struktural anda.

Dapat Mentransmisikan Cahaya

Polycarbonate memiliki kemampuan mentransmisikan cahaya dengan sangat baik yaitu hingga 89%. Sehingga sangat cocok apabila diaplikasikan sebagai atap kanopi, atap taman, atap jemuran, atap rumah kaca atau atap pada ruangan lainnya yang membutuhkan cahaya matahari.

Perlu diingat bahwa atap polycarbonate tidak ditujukan untuk mengurangi panas, namun penggunaan polycarbonate dapat mengurangi konsumsi energi penerangan listrik.

Pilihan Warna yang Indah

Polycarbonate hadir tidak hanya berwarna clear bening, namun memiliki beragam warna yang indah seperti biru, hijau, abu-abu, cokelat, toska dan lain-lain. Dengan banyaknya pilihan warna pada polycarbonate, kebutuhan dekorasi bangunan atau ruangan juga dapat terpenuhi.

Warna-warna tersebut tentunya memiliki persentase transmisi cahaya yang berbeda. Semakin gelap, maka semakin kecil persentase transmisi cahaya yang dihasilkan.

Memiliki Perlindungan Sinar UV

Kelebihan penting dari polycarbonate yaitu memiliki perlindungan dari sinar uv yang berbahaya. Disamping melindungi kita dari sengatan sinar UV, lapisan co-extruded UV pada permukaan polycarbonate membantu daya tahan di luar ruangan, mencegah terjadi perubahan warna atau menguning atau rapuh untuk waktu yang lama.

Garansi Lama

Polycarbonate pada umumnya memiliki jaminan garansi yang lama hingga 15 tahun. Bersama dengan perawatan yang minimum, polycarbonate dijamin untuk mempertahankan penampilannya yang menarik selama masa hidupnya yang panjang.

Harga Ekonomis

Jika dibandingkan dengan material kaca, tentunya polycarbonate memiliki harga yang lebih ekonomis. Di pasaran, material atap kaca dibanderol dengan harga hingga 1 jutaan per meter kubik. Sehingga bagi Anda yang memiliki budget terbatas, memilih atap polycarbonate merupakan solusi terbaik.

 

Jenis Polycarbonate

Dipasaran Anda akan menemukan 3 jenis lembaran polycarbonate, yaitu berbentuk datar, gelombang dan berongga yang berdinding ganda.

Lalu jenis atap polycarbonate mana yang akan Anda gunakan? Itu sangat bergantung pada budget dan gaya arsitektur bangunan Anda itu sendiri.

Apabila Anda membutuhkan atap polycarbonate dengan insulasi termal yang sangat baik, lembaran polycarbonate berongga yang berdinding ganda bisa menjadi pilihan untuk menghemat biaya penggunaan pendingin udara Anda.

 

Perbandingan Atap Polycarbonate dengan Atap uPVC

Selain atap polycarbonate, atap upvc juga populer diaplikasikan sebagai atap kanopi. Keduanya memiliki material dan karakteristik yang berbeda. Atap polycarbonate terbuat dari polimer dengan plasticizer sedangkan atap upvc dibuat tanpa menggunakan plasticizer yang membuatnya menjadi rigid / keras. Plasticizer sendiri merupakan bahan tambahan yang meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan dari suatu material.

Pada umumnya atap polycarbonate memiliki bentuk yang transparan sementara atap upvc memiliki bentuk yang solid. Anda dapat menggunakan keduanya sesuai dengan kebutuhan. Apabila untuk pencahayaan ruangan, atap polycarbonate tentunya bisa menjadi pilihan.

Dengan banyaknya merk atap polycarbonate di pasaran, Anda perlu berhati-hati dalam memilih atap polycarbonate yang berkualitas. Semoga dengan ulasan kelebihan polycarbonate di atas membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan polycarbonate sebagai material transparan Anda.

Tertarik mengaplikasikan atap polycarbonate? Silakan hubungi kami dengan mengisi inquiry form atau 021 2188 2001/2099. Kunjungi juga halaman Produk Polycarbonate kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk.

keunggulan twinlite gen 2 atap polycarbonate transparan bening

Share this article: