alat pengering kopi matahari polycarbonate solar dryer dome sdd

Saatnya Beralih ke Solar Dryer Dome Untuk Percepat Pengeringan Kopi

Posted by on July 22, 2020 in Blog, Inspirasi

Apakah Anda seorang pecinta kopi? Tahukah Anda bahwa setiap gelas kopi memiliki cerita uniknya masing-masing. Selain jenisnya, setiap kopi berawal dari biji kopi yang dipetik dari perkebunan dan diolah dengan metode yang berbeda-beda. Petani kopi perlu melalui proses pasca panen sebelum akhirnya mendistribusikan biji kopi. Proses pasca panen memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap hasil akhir biji kopi. 

Umumnya ada 2 jenis proses pasca panen yang dapat dilakukan, yaitu proses pengolahan biji kopi secara basah dan kering. Ada beberapa perbedaan pengolahan kopi basah dan kering, namun demikian keduanya akan melalui proses penjemuran atau pengeringan. Berbagai macam pengering kopi digunakan, mulai dari tradisional hingga modern, untuk mengoptimalkan hasil produksi biji kopi. Lalu, bagaimana prosesnya? Yuk simak artikel di bawah ini!

 

Proses Pengeringan

Buah kopi yang telah dipetik dan dipanen dari perkebunan harus segera diolah. Menunda pengolahan biji kopi akan menyebabkan reaksi kimia yang dapat menurunkan mutu kopi. Proses pengeringan dalam tahap pengolahan umumnya dilakukan setelah proses sortasi dan pencucian (jika menggunakan proses basah). 

Proses pengeringan menjadi salah satu tahap paling penting dalam perjalanan produksi biji kopi. Tujuannya adalah mengurangi kadar air pada biji kopi hingga mencapai persentase 10%-12% sebelum disangrai. Jumlah kadar air tersebut merupakan standar umum agar rasa biji kopi yang dihasilkan stabil, tahan terhadap serangan jamur, dan tidak membusuk. Sayangnya, untuk memperoleh kadar air yang sesuai, petani kopi perlu melakukan proses pengeringan lanjutan yang cukup memakan waktu.

Oleh karena itu, petani masa kini lebih banyak memanfaatkan mesin alat pengering kopi sederhana. Bahan yang digunakan antara lain kayu, triplek, alumunium foil, kipas portable, dan lampu 5 watt. Meskipun demikian, penggunaan mesin masih membutuhkan biaya tambahan untuk pembayaran listrik bulanan. 

Lalu bagaimana solusinya? Saatnya Anda mencoba beralih dan memanfaatkan teknologi Solar Dryer Dome (SDD) untuk mempercepat proses pengeringan biji kopi. Jika dibandingkan dengan proses pengeringan tradisional dan mesin, Solar Dryer Dome akan membantu biji kopi memperoleh asupan sinar matahari secara lebih merata.

 

Perbandingan Pengeringan Tradisional, Mesin dan Solar Dryer Dome

Sebagai inovasi teknologi pengeringan hasil pertanian, Solar Dryer Dome sangat efektif untuk meningkatkan efisiensi waktu dan kualitas hasil produksi. Performanya sudah terbukti dan digunakan oleh para petani dengan beragam jenis atau produk hortikultura seperti pengeringan cabai, tomat, cengkeh, dan sebagainya. Tabel di bawah ini akan membantu Anda untuk membandingkan proses pengeringan tradisional dan modern untuk masing-masing produk hortikultura:

Jika diperhatikan, proses pengeringan menggunakan oven rata-rata bekerja lebih cepat. Meskipun demikian, metode pengeringan dengan suhu sangat tinggi memerlukan penanganan yang lebih intens. Terlebih ketika menerapkannya pada biji kopi.

Memaksa biji kopi untuk mengering terlalu cepat akan membuat Anda kesulitan untuk melihat tingkat kelembaban secara akurat. Pada akhirnya, suhu dan panas berlebih justru akan mengurangi karakter rasa pada biji kopi.

buah kopi dikeringkan solar dryer dome impack polycarbonate
Buah Kopi Dikeringkan di Meja Solar Dryer Dome

Sementara itu, menggunakan Solar Dryer Dome sebagai alat pengering kopi adalah pilihan yang tepat. Lapisan penyaring sinar UV pada Solar Dryer Dome membantu mengurangi dan melindungi biji kopi dari bahaya sinar UV yang berlebihan.

 

 

Kelebihan Menggunakan Solar Dryer Dome sebagai Pengering Kopi

 

  • Peningkatan Kualitas Produksi

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh petani kopi dengan metode pengeringan tradisional adalah resiko penurunan kualitas dan cita rasa kopi. Biji kopi yang dikeringkan dengan cara dijemur di luar ruangan akan mengalami kontak langsung dengan udara, sehingga resiko terkontaminasi debu dan hama lebih besar. Penurunan kualitas biji kopi kemudian akan mempengaruhi nilai ekonomisnya.

Lalu bagaimana dengan Solar Dryer Dome? Teknologi Solar Dryer Dome berbentuk kubah akan melindungi biji kopi dari kontaminasi debu dan hama. Dengan kemampuan menaikkan suhu hingga 100%, Solar Dryer Dome akan membantu penyebaran panas secara lebih merata. Dengan begitu biji kopi akan mencapai kadar air 10%-12% dan menghasilkan cita rasa yang lebih beragam.

 

solar dryer dome pengering kopi tenaga matahari dinas perkebunan bali
Solar Dryer Dome Pengering Kopi Tenaga Matahari

 

  • Konstruksi Sederhana

Dengan performa dan kualitas yang ditawarkan, biaya konstruksi Solar Dryer Dome terbilang sangat terjangkau. Material dasar polycarbonate sangat mudah diperoleh dengan harga yang sangat ekonomis. Proses instalasinya pun cukup mudah dan tidak memerlukan biaya tinggi. 

Jika dibandingkan dengan alat pengering kopi berupa mesin, Solar Dryer Dome dapat dikatakan sebagai pilihan yang tepat. Penggunaan mesin sebagai alat bantu proses pengeringan akan memakan biaya perawatan yang lebih tinggi. Sementara itu, material polycarbonate sebagai konstruksi utama Solar Dryer Dome memiliki performa yang sangat kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, sehingga tidak rentan rusak.

 

 

  • Efisiensi Waktu dan Energi

Tahukah Anda bahwa salah satu faktor penting dalam proses pengeringan terletak pada kecepatan aliran udaranya? Oleh karena itu, Solar Dryer Dome menjadi solusi tepat bagi seluruh petani Indonesia. Kipas kecil pada Solar Dryer Dome akan bekerja mengalirkan udara dari luar dengan suhu lebih tinggi melewati biji kopi yang terletak di atas tray penjemuran. 

Pengaturan sirkulasi udara dan pengurangan persentase uap air pada Solar Dryer Dome akan mempercepat proses pengeringan. Selain itu Anda tidak perlu khawatir akan tingginya biaya listrik akibat penggunaan energi panas buatan, karena Solar Dryer Dome bekerja secara optimal hanya dengan bantuan tenaga matahari. 

 

 

Ukuran Solar Dryer Dome

Bagi Anda yang ingin membangun Solar Dryer Dome, Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan pengeringan hasil pertanian Anda. Solar Dryer Dome tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang terkecil yaitu 8 x 6 meter hingga ukuran jumbo 8 x 27 meter dengan kapasitas 1500 kg. Masing-masing ukuran memiliki kapasitas yang berbeda sebagaimana ditunjukkan oleh tabel berikut ini:

Type Small Medium Large Jumbo
Dimension 8m x 6.2m 8m x 12m 8m x 20m 8m x 27
Capacity 200-300 kg 400-600 kg 1000 kg 1500 kg

 

Biaya yang Dibutuhkan dan Cara Pemesanan Solar Dryer Dome

Biaya yang dibutuhkan untuk satu Solar Dryer Dome tergantung pada spesifikasi ukuran yang Anda gunakan. Semakin besar ukuran Solar Dryer Dome, maka semakin banyak lembar polycarbonate yang dibutuhkan. Tertarik untuk menggunakan Solar Dryer Dome atau melakukan konsultasi? Untuk mendapatkan perkiraan biaya yang tepat sesuai kebutuhan atau melakukan pemesanan, Anda dapat mengisi inquiry form atau menghubungi kami di 021 2188 2000.

Share this article: