Solusi Mengurangi Panas Matahari dari Polikarbonat

Solusi Mengurangi Panas Matahari dari Polikarbonat

Posted by on September 24, 2019 in Blog, Tips

Polikarbonat atau polycarbonate merupakan salah satu material atap transparan tahan panas yang banyak digunakan sebagai kanopi, baik untuk jemuran, carport, dan sebagainya. Transparansi pada atap polikarbonat menyerupai kaca, sehingga memang ditujukan bagi Anda yang menginginkan pencahayaan alami.

Sekalipun dapat meneruskan cahaya, atap polikarbonat memang memiliki kemampuan mereduksi panas sinar matahari, namun tidak 100%. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut untuk mengurangi panas matahari langsung dari atap polikarbonat:

  • Perbaiki Ventilasi Rumah

Selain memilih material atap yang tepat, sistem ventilasi rumah Anda juga harus diperhatikan. Ventilasi yang kurang baik dapat membuat panas yang masuk tidak dapat keluar, sehingga kondisi di dalam ruangan menjadi semakin panas.

Terlebih jika dinding atau atap bangunan Anda terpapar panas dan cahaya matahari secara langsung. Akibatnya Anda akan merasa seperti berada di dalam rumah kaca. Anda perlu menambahkan ruang terbuka pada bangunan Anda agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik.

tanaman rambat untuk kanopi

  • Menggunakan Tanaman Rambat

Tanaman rambat banyak digunakan sebagai salah satu unsur pendukung dalam bangunan seperti halnya konsep green roof atau green wall. Beberapa tanaman rambat yang memiliki sifat meredam panas dapat Anda aplikasikan sebagai tanaman hias merambat untuk kanopi Anda.

Tanaman dapat diletakkan pada dinding atau permukaan atap kanopi. Konsep green wall atau green roof mampu menurunkan suhu lebih cepat hingga lebih dari 5oC dan menjaga kesejukan lebih lama hingga 11 jam dari total 13 jam waktu efektif pencahayaan matahari.

Beberapa jenis tanaman rambat untuk kanopi yang dapat Anda gunakan antara lain markisa, alamanda, anggur, dan berbagai tanaman lainnya.

warna polycarbonate solartuff roma

  • Ganti Warna Atap Polikarbonat

Kemampuan transmisi panas atap polikarbonat berbeda-beda tergantung warna atap kanopi yang digunakan. Semakin gelap warna polikarbonat yang digunakan, semakin kecil transmisi panas yang masuk ke dalam ruangan.

Beberapa warna yang disarankan untuk mengurangi panas langsung dari atap polikarbonat yaitu warna silver millenium, opal, hitam, cokelat atau warna gelap lainnya.

Alternatif lain yang seringkali dilakukan oleh pengguna polikarbonat adalah melapisi atap dengan cat anti panas, karena biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli material baru.

Namun sebagai produsen, kami tidak menyarankan penggunaan cat pelapis untuk mengurangi panas dari atap polikarbonat. Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia pada cat bersifat korosif yang dapat merusak lapisan polikarbonat itu sendiri. Terlebih lapisan UV protection yang ada pada permukaan polikarbonat dapat rusak dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

  • Kombinasi Atap Polikarbonat dengan Atap uPVC Alderon

Selain menjadi atap kanopi, Anda dapat memanfaatkan atap polikarbonat menjadi atap skylight. Sementara itu, Anda dapat menggunakan atap Alderon sebagai atap utama. Sifat Alderon yang thermal insulant membuat suhu di bawahnya menjadi lebih sejuk. Kombinasi ini menjadi alternatif untuk memperoleh atap kanopi yang tidak panas, dengan pencahayaan yang cukup dan panas yang tidak berlebih.

atap upvc kanopi alderon

  • Ganti Atap Polikarbonat dengan Atap uPVC Alderon

Setelah mencoba beberapa alternatif untuk mengurangi panas langsung dari atap polikarbonat, namun suhu dalam ruangan masih terasa panas, maka Anda dapat mengganti atap polikarbonat Anda dengan atap uPVC Alderon.

Menggunakan atap uPVC Alderon sebagai material atap kanopi, akan menciptakan kesejukan bagi ruangan yang berada di bawahnya. Terutama dengan adanya struktur berongga, Alderon dapat membantu menstabilkan temperatur di ruangan, menghemat biaya listrik, sekaligus menghemat biaya instalasi atap Anda.

Jangan khawatir jika Anda tetap menginginkan cahaya, Alderon memiliki pilihan warna translucent/semi transparan yang akan tetap menghantar cahaya masuk sebanyak 20%.

Demikian beberapa solusi untuk menghindari panas matahari langsung dari atap polikarbonat. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam mengatasi permasalahan pada atap polikarbonat Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai atap polikarbonat, silakan menghubungi kami dengan mengisi inquiry form atau 021 2188 2001/2099.

Share this article: