jenis sealant dan fungsinya lem silikon plastik kaca akrilik aquarium

Jangan Salah Pilih! Yuk Kenali Jenis Sealant dan Fungsinya

Posted by on December 11, 2019 in Blog, Perbandingan

Berbicara tentang konstruksi bangunan, setiap elemen di dalamnya harus ikut diperhatikan. Saat melakukan konstruksi atau renovasi suatu bangunan, Anda harus memastikan bahwa setiap bagian sudah terangkai dengan sempurna. Seringkali hal-hal kecil seperti celah antara dinding, keramik, jendela, atau material lainnya justru terabaikan. Permasalahan seperti ini tidak hanya mengganggu tampilan, namun juga ketahanan material itu sendiri.

Jangan khawatir, Sealant bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah-masalah pada konstruksi bangunan. Ingin mengetahui lebih dalam mengenai sealant? Yuk simak artikel di bawah ini.

 

Apa itu Sealant?

Sealant adalah salah satu zat yang digunakan untuk mencegah masuknya cairan melalui permukaan atau sambungan pada material tertentu. Sebagai segel mekanis, umumnya sealant digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan dan industri.

Kini berbagai macam sealant dapat dengan mudah Anda temui di pasaran. Namun, Anda harus mengetahui bahwa terdapat dua jenis sealant yaitu organik dan anorganik. Keduanya memiliki kandungan bahan yang berbeda. Sealant organik terdiri dari bahan karbon aktif, sementara sealant anorganik terdiri dari bahan non karbon. Penting bagi Anda untuk memahami jenis dan fungsi dari masing-masing sealant. Yuk simak penjelasan berikut ini!

 

Fungsi Sealant

Secara umum, sealant digunakan untuk menutup ruang atau celah di antara dua material agar terhindar dari kebocoran air. Tidak hanya material bangunan seperti jendela dan kusen pintu, namun sealant juga dapat diaplikasikan pada area bak mandi, ventilasi ruangan, atap, dan area bangunan lainnya. Tiga fungsi dasar dari sealant adalah mengisi celah antara dua atau lebih material, membentuk lapisan pelindung/pembatas, serta mempertahankan usia dan kondisi kualitas properti. 

 

Jenis Sealant

Sealant memiliki jenis yang beragam tergantung pada material atau bahan dasar yang membentuknya. Berbeda jenis, setiap sealant juga memiliki sifat dan fungsi yang berbeda. Berikut ini tiga jenis sealant yang siap memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan Anda:

 

Silicone Sealant

Silicone sealant termasuk dalam golongan anorganik, terbuat dari bahan dasar silicone polymer yang memiliki bahan seperti karet. Silicone sealant berfungsi untuk melekatkan dua permukaan dan mengisi celah atau ruang di antara keduanya sehingga tidak bocor. Silicone sealant sendiri memiliki varian sebagai berikut:

oci n193 silicone sealant lem kaca aquarium keramik

Silicone Sealant Neutral/Netral

Beberapa produk silicone sealant netral yang populer di kalangan masyarakat adalah OCI N-192 dan OCI N-193. Jenis sealant ini memiliki ciri sebagai berikut:

  • Bersifat elastis/fleksibel
  • Melekat lebih kuat
  • Tidak bersifat korosif
  • Tidak memiliki bau, karena zat alkohol bersifat non asam
  • Dapat digunakan untuk keperluan eksternal 

Jenis silicone ini dapat digunakan untuk aluminium composite panel (ACP), atap polycarbonate hingga uPVC atap Alderon.

oci silicone sealant orgasil 103 lem silikon

Silicone Sealant Acetic/Asam

Beberapa produk silicone sealant acetic yang populer adalah OCI Orgasil 103 dan OCI E-104. Jenis sealant ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Bersifat elastis/fleksibel
  • Lebih cepat kering
  • Daya rekat sangat kuat
  • Dapat diaplikasikan sendiri (DIY)

Perlu diperhatikan bahwa jenis sealant ini bersifat korosif pada jenis material tertentu seperti polycarbonate dan memiliki bau yang kuat, karena zat bersifat asam.

Secara keseluruhan silicone sealant memiliki ketahanan terhadap sinar UV dan perubahan cuaca yang ekstrim. Umumnya silicone sealant diaplikasikan pada kusen pintu, roofing, konstruksi kaca, jendela, partisi kamar mandi, akuarium dan keperluan lainnya. Fleksibilitas silicone sealant sangat diperlukan pada konstruksi bangunan yang selalu mengalami pemuaian.

 

oci 788 lem akrilik aquarium kaca

Acrylic Sealant

Berbeda dengan silicone sealant yang elastis seperti karet, acrylic sealant terbuat dari asam akrilat yang tidak elastis.

Salah satu produk acrylic sealant terbaik yaitu OCI Acryfil 788. OCI Acryfil 788 adalah sealant yang cepat kering dengan bantuan udara pada temperatur kamar. Sealant ini sangat serbaguna, cocok untuk mengisi, menyegel dan menambal celah atau sambungan yang mengalami pergeseran dan pergerakan kecil. Jenis sealant ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Tidak berbau dan mudah diaplikasikan
  • Dapat di cat setelah aplikasi kering total
  • Dapat dibersihkan dengan air
  • Baik untuk aplikasi external dan internal
  • Tidak berubah warna atau retak di keadaan lingkungan yang extrim
  • Daya tahan yang sangat baik terhadap panas, hujan dan sinar UV
  • Daya rekat tinggi ke hampir semua bahan dengan menggunakan primer yang sesuai
  • Produk yang tahan terhadap korosi

 

oci s100 lem pipa pvc tahan air

Adhesive

Produk adhesive sedikit berbeda dengan silicone sealant. Apabila silicone sealant cenderung berfungsi mengisi ruang atau celah yang di antara dua permukaan, adhesive berfungsi menyambungkan dua material sejenis atau berbeda jenis. Salah satu produk adhesive terbaik adalah OCI S-100 PVC, dengan kelebihan sebagai berikut:

  • Kering dalam waktu 3 menit
  • Bersifat cair dan clear sealant (berwarna bening transparan)
  • Dapat diaplikasikan pada sistem perairan yang bertekanan tinggi
  • Tidak larut dalam air dan anti bocor

Produk OCI S-100 PVC dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan lem pipa plastik PVC, CPVC, dan uPVC. Umumnya diaplikasikan pada sektor industrial atau perumahan, pipa saluran irigasi, drainase, dan berbagai keperluan pipa lainnya.

 

Tahukah Anda?

Sealant OCI N192 adalah silicone sealant netral PREMIUM dengan kualitas tertinggi dikelasnya yang mengandung 100% zat adhesif dengan performa terbaik!

 

Hybrid

Sealant hybrid atau hibrida merupakan salah satu sealant ramah lingkungan yang dihasilkan dari kombinasi sifat-sifat terbaik silicone sealant dan urethane sealant. Sealant hybrid memiliki daya tahan yang tinggi dan mampu melekat dengan kuat ke seluruh jenis permukaan, bahkan kaca. Sealtuff merupakan salah satu produk sealant hybrid yang banyak digunakan masyarakat. Jenis sealant hybrid memiliki ciri sebagai berikut:

  • Tidak memiliki bau
  • Melekat kuat pada seluruh jenis permukaan
  • Tahan terhadap sinar UV dan kondisi suhu ekstrim, sehingga tidak mudah meleleh
  • Tidak perlu dicat, namun stabilitas warna tetap terjaga
  • Cepat kering dan menyerap dengan sempurna

Anda dapat mengaplikasikan Sealtuff untuk berbagai keperluan seperti mengisi celah antar keramik, sendi-sendi kaca, dan berbagai keperluan lainnya.

 

Secara singkat, sifat dan ciri dari masing-masing sealant dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Jenis Sealant Cepat Kering Elastis Anti Bocor Tahan Sinar UV
Silicone Neutral
Acetic
Acrylic
Adhesive
Hybrid

 

Harga Sealant

Kini berbagai jenis sealant dari OCI dapat Anda peroleh dengan mudah melalui Impack Store di Tokopedia. Dengan harga yang terjangkau mulai dari 20 ribuan hingga 40 ribuan, kualitas OCI Sealant tentu tidak diragukan lagi. 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan produk OCI Sealant? Informasi lebih lanjut terkait produk dapat Anda temukan dengan mengunjungi halaman OCI International. Apabila memiliki pertanyaan, silakan mengisi form atau menghubungi kami di 021 2188 2000 atau export-marketing@impack-pratama.com.

Share this article: