keuntungan menggunakan polycarbonate untuk greenhouse

9 Keuntungan Menggunakan Polycarbonate untuk Greenhouse

Posted by on October 10, 2019 in Blog

Dalam beberapa tahun terakhir polycarbonate greenhouse sudah semakin populer dan siap mengalahkan penggunaan material kaca sebagai bahan utama greenhouse

Anda yang memiliki hobi bercocok tanam di rumah tentu sangat peduli akan kondisi serta kesehatan tanaman, misalnya dengan memberi pupuk terbaik hingga mengeluarkan biaya lebih untuk membuat greenhouse.

Greenhouse atau rumah kaca pada umumnya digunakan untuk melindungi tanaman dari cuaca tak menentu, kandungan jahat pada udara, dan gangguan eksternal lainnya. Meletakkan tanaman di dalam greenhouse akan membuat pertumbuhan tanaman lebih optimal sejak awal pembibitan, penyimpanan, hingga budidaya.

Greenhouse Polycarbonate

Pada dasarnya greenhouse merupakan sebuah bangunan yang terbuat dari material kaca atau plastik tebal. Bagian dalam greenhouse juga dilengkapi dengan alat yang berfungsi mengatur temperatur dan kelembaban udara, serta distribusi air dan pupuk.

Namun, kini penggunaan kaca sebagai material greenhouse mulai tergantikan oleh polycarbonate. Harga yang lebih murah serta dengan bobot yang lebih ringan, anda dapat memilih polycarbonate bening sebagai alternatif.

Berikut 9 keuntungan yang akan anda peroleh jika menggunakan polycarbonate greenhouse:

  • Insulasi Termal Lebih Baik

Aspek terpenting dari rumah kaca adalah sifat insulasinya. Menggunakan polycarbonate akan meningkatkan insulasi termal, sehingga panas yang hilang lebih sedikit. Secara keseluruhan, polycarbonate memiliki rata-rata suhu yang lebih tinggi dibandingkan rumah kaca biasa. Semakin baik insulasi maka semakin efektif pertumbuhan tanaman. Peningkatan insulasi panas adalah kunci dari seluruh kinerja dan efektivitas rumah kaca. 

  • Tahan Lama

Salah satu karakteristik polycarbonate adalah daya tahan yang tinggi. Bobotnya yang ringan membuat polycarbonate sangat mudah dipasang dan dipindahkan, sehingga Anda tidak memerlukan jasa kontraktor jika ingin melakukan perbaikan atau perubahan  pada rumah kaca polycarbonate. 

  • Tidak Mudah Pecah

Tidak seperti kaca, polycarbonate tahan terhadap berbagai macam benturan misalnya bola kaki, batu es, bahkan batu. Penggunaan material kaca memiliki risiko lebih tinggi, karena pecahan kaca berupa potongan besar dan tajam dapat melukai. Sementara polycarbonate akan terbagi menjadi potongan-potongan kecil, sehingga risiko untuk terluka lebih kecil.

greenhouse menggunakan polycarbonate twinlite solartuff
Aplikasi Greenhouse menggunakan Polycarbonate
  • Difusi Cahaya dan Lapisan Pelindung UV

Penyebaran cahaya pada area penanaman akan lebih baik jika menggunakan polycarbonate. Hal ini dipengaruhi lembaran polycarbonate yang lebih tebal dibandingkan dengan lembaran kaca standar. Dengan begitu setiap tanaman akan mendapatkan kadar sinar matahari yang sama. Meskipun demikian, lapisan polycarbonate memiliki filter ultraviolet alami yang akan melindungi tanaman dari bahaya radiasi ultraviolet yang berlebihan.

  • Musim Tanam Sepanjang Tahun

Keseluruhan kinerja rumah kaca akan meningkat secara signifikan apabila Anda menggunakan polycarbonate. Salah satunya akan memperpanjang musim tanam secara alami. Anda dapat melakukan penanaman dan memanen lebih banyak tanaman sepanjang waktu. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan banyak biaya, listrik, dan waktu untuk membuat panas buatan. Keunggulan ini akan memberikan manfaat lebih bagi Anda yang berniat untuk menjual produk hortikultura.

  • Bentuk dan Ukuran Beragam

Sebagai material yang populer, polycarbonate tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Salah satunya adalah desain modular, dimana ukuran polycarbonate per lembar ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti menambah atau mengurangi luas lembaran polycarbonate. Adanya desain modular ini mempermudah Anda untuk menyesuaikan bentuk dan struktur material untuk kebun Anda. 

  • Instalasi Lebih Cepat

Dengan bobot yang lebih ringan, instalasi polycarbonate menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Membangun rumah kaca menggunakan polycarbonate hanya membutuhkan waktu satu hari dan dapat dilakukan tanpa jasa kontraktor. Berbeda dengan material kaca yang membutuhkan waktu beberapa hari dan tenaga profesional. 

  • Harga Terjangkau

Dahulu, rumah kaca polycarbonate memiliki harga yang lebih mahal. Namun, sejak saat itu performa rumah kaca polycarbonate mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga harganya kini lebih terjangkau. Ini terutama terjadi karena adanya kemajuan ilmiah yang menyempurnakan proses kimia pembuatan polycarbonate.

  • Modifikasi Rangka

Rumah kaca polycarbonate pada umumnya menggunakan rangka dari kayu, sementara rumah kaca biasa menggunakan rangka baja/logam. Rangka kayu akan membuat perawatan lebih sederhana dan memberi kesempatan bagi Anda untuk memodifikasi desain kerangka sesuai dengan gaya Anda. Rangka baja/logam lebih sulit untuk dimodifikasi.

Secara keseluruhan, penggunaan polycarbonate untuk keperluan rumah kaca akan memberikan dampak kinerja yang lebih efektif bagi pertumbuhan tanaman, selama perawatan dilakukan dengan tepat.

Apakah Anda tertarik untuk membeli atau membangun polycarbonate greenhouse? Anda dapat mempertimbangkan menggunakan polycarbonate Twinlite dan Solartuff sebagai pilihan Anda.

Spesifikasi selengkapnya dapat Anda baca pada halaman Produk Polycarbonate. Jika memiliki pertanyaan, silahkan mengisi form atau menghubungi kami di 021 2188 2099/2001 atau export-marketing@impack-pratama.com.

Share this article: