TwinLite X3 - tipe TwinLite bening transparan

TwinLite X-3, Polikarbonat Bening Serbaguna dari Atap hingga Partisi

Posted by on September 16, 2020 in Blog, Inspirasi

Dalam dunia konstruksi bangunan, ada beragam pilihan jenis material yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Bahan polikarbonat adalah salah satu jenis material polimer termoplastik yang mudah dibentuk menggunakan panas. Penggunaan polimer termoplastik sendiri sangat luas dalam industri kimia. Sifat dasar dari material ini memungkinkan struktur polikarbonat berubah menjadi lebih lunak di atas suhu 150oC bahkan mencair pada suhu 300oC.

Meskipun demikian, banyaknya inovasi dan perkembangan dalam konstruksi bangunan membuat kualitas bahan polikarbonat bening semakin meningkat. Salah satunya polikarbonat dari Twinlite X-3 yang telah dilengkapi dengan ketahanan termal dan benturan. Lalu, apa saja kebutuhan bangunan yang dapat dipenuhi dengan bahan polikarbonat?

 

Kegunaan Bahan Polikarbonat

model kanopi rumah minimalis twinlite gen 2.0
Atap Kanopi Polikarbonat
  • Atap Kanopi Polikarbonat

Kaya akan fitur-fitur yang berkualitas menjadikan polikarbonat sangat unggul dalam memenuhi kebutuhan atap kanopi minimalis. Struktur yang ringan dan kuat bukan satu-satunya alasan bagi Anda untuk memilih material ini. Pada Twinlite X-3, kemampuan untuk meneruskan cahaya dilengkapi dengan ketahanan termal yang  sangat baik.

Permukaan Polikarbonat TwinLite X-3 dilengkapi dengan lapisan pelindung UV yang bekerja merefleksikan kembali panas dan radiasi matahari berlebih. Sementara struktur berongga di antara tiga permukaan membantu mengisolasi panas dan suara yang masuk. Kanopi polikarbonat TwinLite X-3 akan memastikan Anda dan seisi ruangan tetap aman dan nyaman dalam kondisi apa pun.

 

atap genteng polikarbonat skylight

  • Genteng Polikarbonat

Pencahayaan alami di dalam ruangan dapat Anda peroleh dengan mengaplikasikan polikarbonat sebagai genteng. Namun, perlu diperhatikan bahwa atap polikarbonat berbeda dengan penggunaan Alderon sebagai pengganti atap utama, sehingga menggunakan polikarbonat sebagai atap skylight atau atap penerangan alami menjadi pilihan yang tepat. 

Berbeda dengan atap kanopi polikarbonat yang umumnya diaplikasikan pada bagian teras, carport, dan jemuran, atap skylight polikarbonat dapat diaplikasikan pada ruang tamu atau dapur. Manfaat cahaya alami dari atap skylight sangat beragam, terlebih bagi bangunan dengan desain kontemporer.   

 

pembatas ruangan polycarbonate
Partisi Ruangan Polikarbonat
  • Partisi Polikarbonat

Tidak hanya diaplikasikan untuk kebutuhan roofing, penggunaan polikarbonat sebagai partisi dinding atau dinding polikarbonat juga cukup populer oleh beberapa kantor usaha. Meskipun demikian, polikarbonat menjadi salah satu ide yang tepat untuk partisi rumah minimalis. Karakteristik permukaan yang rata dan polikarbonat bening akan menciptakan kesan modern futuristik untuk ruangan Anda.

Sifat bening menyerupai kaca akan memberikan efek tembus pandang dan membuat ruangan terlihat luas. Untuk gaya arsitektur yang lebih minimalis dan berkelas, Anda dapat memadukan material polikarbonat dengan kisi kayu.

 

polikarbonat bening twinlite x-3

Spesifikasi Ukuran Polikarbonat

Polikarbonat yang ada di pasaran umumnya dijual dalam bentuk lembaran. Setiap jenis polikarbonat memiliki spesifikasi ukuran lebar yang berbeda. Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran lebar atap polikarbonat yang Anda inginkan. Produk atap polikarbonat transparan Twinlite X-3 tersedia dalam satu ukuran, yaitu tebal 16 mm dan lebar 2,1 m. Namun, panjang polikarbonat Twinlite X-3 dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan minimal order yang berlaku. Perlu diingat, dengan spesifikasi ukuran lebar yang berbeda maka harga polikarbonat per lembar juga tentu berbeda.

 

 

Warna Polikarbonat

Sekalipun polikarbonat plastik bening dikenal sebagai atap transparan untuk berbagai kebutuhan, ada banyak pilihan warna yang dapat Anda gunakan. Masing-masing warna dari polikarbonat akan memberikan transmisi cahaya dan panas yang berbeda. 

 

Tahukah Anda?

Semakin cerah atau transparan warna polikarbonat, semakin banyak pula cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

 

Sama halnya dengan material uPVC Alderon, polikarbonat tersedia dalam beberapa pilihan tingkat transparansi yaitu transparan, translucent atau semi transparan, dan solid atau doff. Polikarbonat transparan akan meneruskan cahaya dan panas dengan persentase yang tinggi. Sementara itu, polikarbonat translucent atau semi transparan akan tetap meneruskan cahaya dan panas, namun dengan persentase lebih rendah. Selain itu, polikarbonat translucent cenderung memiliki efek blur. Pilihan terakhir adalah polikarbonat dengan warna solid atau doff yang sama sekali tidak tembus cahaya. 

 

 

Menggunakan profil H Aluminium
Menggunakan profil H Aluminium

Aksesoris Profil U 4mm 6mm

Cara Menyambung Polikarbonat

Apabila membeli material polikarbonat, biasanya Anda akan mendapatkan lembaran polikarbonat dalam bentuk gulungan, sehingga Anda perlu memotong gulungan tersebut menjadi beberapa lembar lagi. Setelah itu Anda harus menyambung lembaran-lembaran tersebut. 

cara menyambung polikarbonat profil h
Cara Menyambung Polikarbonat Profil H

Berbeda dengan produk polikarbonat sejenis di pasaran, polikarbonat Twinlite dilengkapi dengan profil H yang didesain khusus untuk menyambung lembaran polikarbonat. Setelah lembaran disambung dengan profil H, langkah selanjutnya adalah mengebor setiap ujung lembaran. Proses instalasinya sangat mudah, sehingga harga pasang polikarbonat Twinlite X-3 pun terjangkau.

 

Apa Bedanya TwinLite X-3, TwinLite Gen 2.0 & TwinLite Greca?

Selain Twinlite X-3, ada dua pilihan lain atap polikarbonat yang dapat Anda gunakan yaitu Twinlite Gen 2.0 dan Twinlite Greca. Sekalipun sama-sama terbuat dari material polikarbonat, ketiganya memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Sesuai dengan namanya, Twinlite X-3 terdiri dari 3 permukaan polikarbonat yang memiliki struktur X. Berbeda dengan Twinlite Gen 2.0 yang memiliki 2 permukaan polikarbonat dengan struktur garis lurus. Meskipun demikian, keduanya sama-sama memiliki profil permukaan yang rata. Sementara itu, Twinlite Greca memiliki profil permukaan yang bergelombang. Sebagai atap polikarbonat gelombang, Twinlite Greca dilengkapi dengan EZ-Fix system pada setiap ujung lembaran untuk mempermudah proses instalasi.

 

Perbedaan lain dari Twinlite X-3, Twinlite Gen 2.0, dan Twinlite Greca terletak pada spesifikasi ukuran lebar polikarbonat dan ketersediaan warnanya. 

Ketebalan Lebar Panjang Warna
Twinlite X-3 16 mm 2,1 m Dapat dimodifikasi sesuai pesanan Silver Millenium, Cool Bronze, dan Clear
Twinlite Gen 2.0 5, 6, 10, dan 16 mm Silver Millenium, Cool Bronze, Cool Grey, Cool Blue, Cool Green, Opal, Tosca, dan Clear
Twinlite Greca 6 mm 820 mm 6000 mm Cool Grey, Opal, dan Clear

 

Demikian penjelasan mengenai material polikarbonat bening untuk berbagai kebutuhan. Semoga dapat membantu Anda dalam menentukan material polikarbonat bening yang tepat sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda peroleh melalui halaman polikarbonat Twinlite

Tertarik untuk mengaplikasikan polikarbonat Twinlite? Dapatkan produk Twinlite di distributor resmi PT Mulford Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia atau silakan hubungi kami melalui inquiry form atau 021 2188 2001/2099.

Share this article: